Kec. Dungkek Kab. Sumenep

Info Geografis Desa Bicabbi

Di wilayah desa Bicabbi berada pada ketinggian 0-36 m dari permukaan air laut, dimana kondisi daratan di desa Bicabbi berada pada kemiringan <3% seluas 3,80 km persegi denngan presentase 6,00 % dari luas keseluruhan kecamatan Dungkek dengan jenis tanah kering seluas 376,60 Ha. Angka curah hujan rata-rata cukup rendah, sebesar 1.112,4 mm pertahun sebagaimana daerah lain di Indonesia, desa Bicabbi beriklim tropis dengan tingkat kelembaban udara lebih kurang 65% dan suhu udara rata-rata 24-32° C, serta curah hujan terendah terjadi pada bulan Juni sampai dengan Oktober.
Iklim di desa Bicabbi sama dengan ilim di seluruh kabupaten di Madura, yakni iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim hujan antara bulan November sampai dengan bulan April dan musim kemarau anntara bulan April sampai dengan Desember. Hamparan tanah desa bicabbi tergolong teratur tidak berbukit dan di kelilingi perkebunan kelapa sehingga aman dari bencana, khususnya tanah longsor dan banjir.
Secara Administrasi Desa Bicabbi terletak sekitar 1.50 Km dari ibu kota Kecamatan Dungkek, kurang lebih 39 Km dari Kabupaten Sumenep, dengan dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga diantaranya di Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Bumpenang, Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Dungkek. Disebelah Selatan berbatasan dengan Selat Madura sedangkan disebelah Barat berbatasan dengan Desa Bicabbi.
Adapun pembagian wilayah pemerintahan Desa Bicabbi terdiri atas 5 Dusun dengan 24 Rukun Tetangga (RT) dan 9 Rukun Warga (RW) yang meliputi :
      1. Dusun Budagaan
      2. Dusun Pasisir
      3. Dusun Somor dalem
      4. Dusun Gunung
      5. Dusun Bara’ Lorong
Dengan rincian KK per Dusun Maret 2015 sebagai berikut :
  1. Dusun Budaggan
  2. Dusun Pasisir
  3. Dusun Somor dalem
  4. Dusun Gunung
  5. Dusun Bara’ Lorong
Luas wilayah Desa Bicabbi sebesar 3.80 Km². Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokkan seperti untuk Fasilitas umum, Pemukiman, Pertanian, Kegiatan ekonomi dan lain-lain. Luas lahan yang diperuntukkan fasilitas umum diantaranya luas lahan tanah untuk jalan 16.30 Ha; luas tanah untuk bangunan umum / pemukiman 65.10 Ha; luas tanah untuk pemakaman 16.3ss0 Ha; luas tanah untuk pertanian / perkebunan 298.20 Ha; Luas tanah untuk pohon kelapa 44.52 Ha.

Untuk aktivitas kegiatan perekonomian masyarakat dungkek pada umumnya yaitu pertanian, perkebunan Sedangkan peruntukkan lahan untuk aktivitas ekonomi yang lain yaitu dari lahan tegalan jagung seluas 4.120 Ha. Dengan produktivitas 4.779,2 Ton pertahun.

0 comments:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers