Kec. Dungkek Kab. Sumenep

Info Fasilitas Sekolah

Bangunan sekolah yang ada di desa Bicabi yaitu terdiri dari SDN Bicabi, Yayasan Nurul Huda, Dan Yayasan Nurul Islam. Berdasarkan hasil observasi lapangan yang sudah kami lakukan dapat diketahui bahwa Untuk fasilitas bangunan sekolah yang ada di Desa Bicabi rata-rata masih kurang memadai, mulai dari ruang kantor, ruang kelas, ruang perpustakaan, halaman atau lapangan tempat upacara maupun tempat olahraga, dan kamar mandi (MCK).
Fasiliatas kantor-nya sendiri juga masih kurang memadai, mulai dari alat-alat kantor maupun perlengkapan kantor yang lainnya masih belom di miliki. Untuk fasilitas ruang kelas juga kurang, hal ini bisa dilihat dari media pembelajaran yang digunakan dan kurangnya wawasan metode pembelajaran yang digunakan untuk dapat meningkatkan keaktifan anak, terutama pengetahuan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
Fasilitas ruang perustakaan masih kurang memadai, buku yang sudah tersedia pun masih sedikit, terutama fasilitas internet (wifi) yang juga dapat menjadi sarana pembelajaran online (perpustakaan online).
Fasilitas lapangan tempat upacara maupun tempat olahraga cukup baik, namun Lembaga sekolah yang ada di desa bicabi kurang tanggap dalam memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia. Apalagi untuk upacara rutin hari senin. Dapat diketahui bahwa lembaga sekolah yang ada di Desa Bicabi hanya sebagian yang melakukan uapacara rutin setiap hari senin, hal ini di mungkinkan karena kurangnya fasilitas Penunjang dan minimnya pengetahuan akan pentingnya kegiatan tersebut. Padahal kegiatan upacara rutin termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan.
Hal ini mungkin disebabkan oleh penyaluran anggaran pendidikan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang belum merata. Untuk pemerataan sarana dan prasarana sekolah di Desa Bicabi masih banyak membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

    1. Kantor Balai Desa dan Lembaga Umum Desa


Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW/ Dusun sebagai bagian dari satuan wilayah pemerintahan Desa Bicabbi memiliki fungsi yang sangat berarti terhadap pelayanan kepentingan masyarakat wilayah tersebut. Terutama berkaitan hubungannya dengan pemerintahan pada level diatasnya. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat meliputi semua kegiatan pelayanan yang menyangkut semua kepentingan kebutuhan masyarakat. Kantor Balai di Desa yang aktif setiap harinya melayani kebutuhan masyarakat.
Gambar.....Balai Desa Bicabbi
Kondisi kantor balai yang ada di Desa Bicabi sudah bisa dikatakan layak untuk digunakan sebagai sarana dan prasarana masyarakat. Namun masyarakat kurang memanfaatkan dengan optimal dengan adanya Balai Desa tersebut.
Berikut beberapa gambaran fasilitas bangunan sekolah yang ada di Desa Bicabbi yaitu:
  1. SDN Bicabi
SDN Bicabi merupakan satu-satunya sekolah dasar negeri yang ada di Desa Bicabi, dimana jumlah siswa yang ada dari kelas 1 sampai kelas 6 berkisar kurang lebih 70 siswa.












Gambar : SDN Bicabbi
  1. Yayasan Nurul Huda

Yayasan Nurul Huda merupakan lembaga sekolah yang ada di desa bicabi, dimana tingkat pendidikan yang di bina adalah mulai dari Madrasah Diniyah Makarimul Akhlak (MD), Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda (MI), Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Huda (SMPI), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).
Gambar : Yayasan Nurul Huda

  1. Yayasan Nurul Islam
Yayasan Nurul Islam merupakan lembaga sekolah yang ada di desa bicabi, dimana tingkat pendidikan yang di bina adalah mulai dari PAUD, MI, MTS, dan SMK






0 comments:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers