Kec. Dungkek Kab. Sumenep

Hasil Pertanian dan Hasil Laut

Desa Bicabi merupakan suatu desa dengan luas 3,80 km2. Wilayah daratan lebih besar dibandingkan dengan wilayah perairan. Sebanyak ±85% merupakan wilayah daratan dan sisanya merupakan wilayah perairan. Wilayah daratan Desa Bicabi sebagian besar berupa wilayah perkebunan, perdagangan industri kecil perikanan, pemukiman penduduk, pertokoan, dan sekolahan. Wilayah daratan ini sangat berpotensi dalam pengembangan perekonomian masyarakat Desa Bicabi. Banyaknya perkebunan pada Desa Bicabi dapat mendorong perekonomian masyarakat, karena adanya berbagai macam tanaman dalam perkebunan yang dapat dimanfaatkan sebagai potensi perekonomian warga.
Tanaman-tanaman dalam perkebunan tersebut antara lain berupa pohon siwalan, pohon kelapa, berbagai tanaman kacang, pohon pisang, pohon bambu, singkong dan jagung. Tanaman yang paling mendominasi perkebunan di Desa Bicabi adalah pohon siwalan dan pohon kelapa, kedua pohon ini sangat dimanfaatkan warga desa sebagai penunjang perekonomian warga. Pohon siwalan dapat dimanfaatkan dalam pembuatan gula merah dan diambil sebagai buah siwalan.Masyarakat desa Bicabbi mayoritas membuat gula merah dengan skala industri rumahan dengan menggunakan alat yang masih sangat tradisional. Alat yang digunakan hanya berupa tungku dari tanah dan wajan. Sedangkan pohon kelapa dimanfaatkan mulai dari buah, daun dan serabutnya. Buah kelapa dapat dijual buahnya secara langsung, daun kelapa dimanfaatkan lidinya sebagai sapu lidi, sedangkan serabut kelapa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sapu lantai.Penjualan sapu lidi yang dihasilkan sudah sampai ke Bangkalan dan Surabaya.Kacang-kacangan disini juga banyak ditanam oleh masyarakat seperti kacang koro dan kacang pohon. Kacang koro biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran untuk yang masih muda dan untuk yang sudah tua dijual dan biasanya dijadikan sebagai kacang goreng. Sedangkan, kacang pohon hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sayuran saja.
Wilayah perairan yang menempati wilayah yang cukup kecil juga dapat menjadi potensi bagi masyarakat Desa Bicabi dengan adanya kekayaan laut yang ada. Potensi wilayah perairan tersebut berupa adanya berbagai potensi ikan laut dan rumput laut. Ikan laut berupa ikan teri, udang, ikan kerapu, dan ikan pari-pari yang melimpah di wilayah Desa Bicabi merupakan potensi yang dapat dikembangkan khususnya bagi masyarakat nelayan dan industri kecil. Pengambilan ikan dilaut masih dilakukan secara sederhana yaitu dengan perahu kecil dan menggunakan jaring. Hasil ikan yang didapatkan oleh nelayan tidak tetap karena tergantung dengan musim yang ada, terkadang ikan yang didapatkan hanya sedikit begitupun sebaliknya. Hasil laut yang paling dominan di desa Bicabbi adalah ikan teri. Ikan teri yang didapatkan biasanya diolah dengan cara dikeringkan. Dan penjualan dari ikan teri ini sudah sampai ke luar negri. Selain itu, rumput laut juga mampu menjadi potensi perekonomian warga Desa Bicabi dengan mengembangbiakan rumput laut yang memiliki nilai jual tinggi.

Sumber daya alam yang melimpah di Desa Bicabi dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien guna menunjang perekonomian masyarakat. Banyak potensi-potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan masyarakat. Adanya potensi sumber daya alam yang melimpah tersebut merupakan faktor utama kesejahteraan masyarakat Desa Bicabi untuk dimaksimalkan

0 comments:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers