Kec. Dungkek Kab. Sumenep

Beginilah Kegiatan Ibu-Ibu untuk Membantu Perekonomian Sang Suami.

Kekayaan sumber daya alam cukup melimpah disini, ya di sini di desa Bicabbi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Desa yang paling ujung timur pulau madura. Masyarakat desa Bicabbi bermata pencarian pengolah air niran yang dimana akan digunakan untuk pembuatan gula siwalan. Selain pembuat gula siwalan masyarakat desa Bicabbi juga pembuat sapu lidi, serabut kelapa yang kemudian dibuat sapu, berkebun dan nelayan. Nelayan di desa bicabbi tersebar di dusun paling timur yaitu dusun Pasisir. Nelayan di desa Bicabbi menghasilkan ikan yang selalu segar. Ikan yang dihasilkan oleh masyarakat desa bicabbi merupakan sumber penghasilan mereka. Kita tahu bersama bahwa ikan merupakan yang mudah rusak dan busuk, jika tidak di olah dengan baik dan benar. Tubuh ikan mempunyai kadar air yang tinggi dan ph tubuh yang mendekati netral sehingga media yang baik untuk tumbuhnya bakteri atau organisme lainya.
Ibu PKK dan ibu-ibu di desa Bicabbi berinisiatif untuk membuat olahan Nugget dari bahan ikan segar hasil para suami mereka. Bersama dengan Kuliah Kerja Nyata dari Universitas Trunojoyo Madura mereka mengadakan penyuluhan pembuatan nugget dari ikan segar.
Penyululuhan ini sangat di nanti-nanti bagi ibu-ibu nelayan dimana mereka biasa hanya menjual ikan mereka langsung ke pasar atau ke pengepul. Penyuluhan pembuatan pengolahan nugget ini di sampaikan oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Dimana dalam penyuluhan disampaikan cara pembuatan nugget ikan. Setelah di sampaikan cara pembuatan pengolahan nugget ikan laut barulah di demokan cara pembuatan nuggetnya.
Pada saat pembuatan berlangsung masyarakat dan ibu PKK sangat antusian mengikuti penyuluhan. Sampai-sampai ibu-ibu langsung maju kedepan untuk melihat langsung dan membantu mahasiswa di depan. Penyuluhan ini juga di hadiri oleh pendamping desa bicabbi yang mana dia sangat mengaprisiasi acara seperti ini karena banyak anak-anak dari mereka yang menyukai olahan nugget dan sosis yang beredaran di pasaran. Dimana mereka tidak tahu bahan apa yang dimasukan dalam olahan tersebut. Jika sudah tahu seperti ini ibu-ibu bisa memantau makanan yang dimasukan mulut anak mereka karena di buat sendiri oleh ibunya. Dan juga ulahan nugget yang disampaikan mahasiswa Universitas Trunojoyo madua ini tidak menggunakan bahan pengawet dan penyedap makanan.

Acara penyuluhan tidak hanya mendemokan pembuatan olahan nugget dari ikan segar tetapi juga mencontohkan dalam pengemasannya. Disini para mahasiswa mendesainkan logo serta kemasan untuk olah nugget ikan laut untuk masyarakat di desa Bicabbi. Yaitu bernama NUBI singkatan dari Nugget Bicabbi. Desain ini di buat semenarik mungkin dan warna yang cukup cerah. Sehingga bisa menarik pembeli.
Harapan dari penyuluhan ini tidak hanya untuk mengolah ikan laut yang dihasilkan oleh para nelayan desa Bicabbi, tetapi juga bisa memperdayakan ibu-ibu di desa Bicabbi dalam mengolah ikan sehingga mereka bisa menghasilkan pemasukan untuk keluarganya.

0 comments:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers