Kec. Dungkek Kab. Sumenep

Siwalan menjadi Potensi Sumber Daya Unggulan di Desa Bicabbi


Si manis kaya manfaat : Siwalan menjadi Potensi Sumber Daya Unggulan Di Desa Bicabbi

Selasa, 01 Agustus 2017
Lontar atau yang biasa disebut sebagai siwalan adalah salah satu produk pertanian yang dihasilkan oleh mayoritas masyarakat di Desa Bicabbi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Lontar atau siwalan biasanya diambil air nira nya oleh masyarakat untuk dijadikan gula aren, ini enjadi salah satu pekerjaan rutin yang dilakukan oleh warga. Hasil penjualan siwalan tentu tidak sebanding dengan tenaga untuk mencari air nira nya.
Selain air nira, siwalan juga dimanfaatkan daging bauhnya untuk dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan sepeti dodol siwalan. Masyarakat sekitar tidak terlalu fokus terhadap olahan siwalan ini. Kebanyakan petani siwalan tidak memanfaatkan sendiri buah siwalan nya, karena SDM yang tidka mumpuni menyebabkan masyarakat kekurangan ide dan alat untuk memproduksi makanan olahan berbahan dasar siwalan.
Tanaman siwalan berbuah setiap hari, tanaman ini tidak bergantung dengan musim. Menurut pengakuan beberapa petani siwalan, pada musim penghujan biasanya produksi buah siwalan dan air nira agak berkurang dibanding dengan musim kemarau. Sehingga penghasilan masyarakat yang biasa menggunakan air nira untuk dijadikan gula aren semakin berkurang.
Untuk buah siwalan sendiri, biasanya oleh masyarakat hanya dibiarkan jatuh ke tanah. Terkadang buah siwalan yang sudah tua dan jatuh digunakan untuk pakan sapi. Sayang sekali potensi pertaian yang besar sepertti ini kurang dimanfaatkan oleh masyarakat karena keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya pengetahuan masyarakat aka n kegunaan lain dari tanaman yang sejenis dengan kelapa ini. Sehingga, teman-teman KKN dari kelompok 71 Universitas Trunojoyo Madura mencoba untuk membuat salah satu produk olahan Siwalan yaitu SELAI SIWALAN.

 Pada acara perkenalan produk yang dilakukan oleh teman-teman KKN,beberapa aparat desa dan tokoh masyarakat setempat memberikan feedback yang positif terkait dengan pengolahan buah siwalan menjadi produk SELAI SIWALAN ini. Mereka berharap bahwa kedepannya produk selai siwalan ini dapat menjadi produk unggulan desa yang bisa diproduksi secara massal agar bisa berkembang dan bisa menyejahterakan masyarakat desa Bicabbi. Dengan komposisi dan pengolahan yang lebih baik serta dengan alat yang lebih canggih dan penjaminan mutu yang baik dari pemerintah daerah, diharapkan produk SELAI SIWALAN ini bisa menjadi produk bernilai jual tinggi.

0 comments:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers