Kec. Dungkek Kab. Sumenep

PROFIL DESA BICABBI

Berdasarkan Permendagri Nomor 12 Tahun 2007, desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat-istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Profil desa adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana dan prasarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yanng dihadapi desa. Dalam penyusunan profil desa, ada beberapa poin penting yang perlu di perhatikan.
Yang pertama adalah data dasar keluarga, gambaran menyeluruh potensi dan perkembangan keluarga yang meliputi potensi sumber daya manusia, perkembaangan kesehatan dan pendidikan, penguasaan asset ekonomi dan sosial keluarga, partisipasi anggota keluarga dalam proses pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta berbagai permasalahan kesejahteraan keluarga dan perkembangan keamanan dan ketertiban lingkungannya.
Selanjutnya, potensi desa adalah keseluruhan sumberdaya yang dimiliki atau digunakan oleh desa baik sumber daya manusia, sumber daya alam dan kelembagaan maupun sarana dan prasarana untuk mendukung percepatan kesejahteraan masyarakat.
Poin ketiga adalah tingkat perkembangan desa, adalah status tertentu dari capaian hasil kegiatan pembangunan yang dapat mencerminkan tinngkat kemajuan dan atau keberhasilan masyarakat, pemerintahan desa serta pemerintahan daerah dalam melaksanakan pembangunan di desa.
Profil desa terbagi menjadi 3 bagian seperti yang telah diuraikan pada penjelasan sebelumnya. 

0 comments:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers