Kec. Dungkek Kab. Sumenep

FORUM DISKUSI DENGAN PERANGKAT DESA BICABBI

Pada hari kamis 20 Juli 2017 merupakan acara progam kerja forum diskusi dengan aparatur desa dengan tema “perkenalan mahasiswa kkn trunojoyo madura & sharing haring dengan aparatur desa” acara tersebut bertujuan untuk memperkenalkan anggota kkn mahasiswa utm kepada aparat desa dan masyarakat desa bicabbi sekaligus mendemontrasikan progam kerja dari kkn kelompok 71.
Alhamdulillah progam ini diapresiasi dengan sangat baik dan menjadi jembatan komunikasi antara mahasiswa kkn dengan masyarakat bicabbi beserta perangkat desanya, dengan progam ini kita menjadi tau hal-hal yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan adanya mahasiswa kkn.
Dalam acara ini dihadiri oleh perangkat desa, anggota BPD, pendamping desa, kepala dusun dari masing-masing dusun yang ada di bicabbi, tokoh masyarakat dari masing-masing dusun yang ada di bicabbi, dan tak lupa lupa mahasiswa kkn kelompok 71.
Dengan adanya progam ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat adalah seputar pengetahuan karena di desa bicabbi mempunyai potensi SDA yang melimpah seperti: kelapa, siwalan, dan lautnya. Akan tetapi, pengetahuan akan cara pengolahannya agar menjadi suatu olahan lain yang bernilai jual tinggi masih kurang, di bicabbi kelapa hanya dijual saat masih usia muda adapun serabutnya hanya diolah menjadi sapu akan tetapi itupun tidak bisa diolah secara sempurna dan mandiri, masyarakat masih membutuhkan bantuan dari orang surabaya untuk menyatukan gagang sapu dengan kepala sapunya sehingga harga jualnyapun masih sangat rendah. Siwalan hanya diambil air niranya saja untuk dijadikan gula merah sedangkan buahnya tidak dimanfaatkan sebagai olahan apapun melainkan dijadikan sebagai makanan sapi, sedangkan ikan hanya untuk dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari dan selebihya dijual biasa kepasar.
Semoga dengan adanya kami mahasiswa kkn kelompok 71 bisa bermanfaat dan memberikn inovasi-inovasi baru kepada masyarakat bicabbi untuk meningkstnksn pendapatan ekonomi masyarakatnya karena sebaik-sebaiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.



0 comments:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers